Beranda | Artikel
Aqidah Ahlussunnah Terhadap Adzab Kubur
Senin, 4 Juni 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Muhammad Nur Ihsan

Aqidah Ahlussunnah Terhadap Adzab Kubur merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A. dalam pembahasan Kitab Al-Ibanah ‘an Ushul ad-Diyanah karya Syaikh Imam Abul Hasan Ali bin Ismail al-Asy’ari rahimahullah atau terkenal dengan sebutan Imam Abul Hasan al-Asy’ari rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 24 Sya’ban 1439 H/ 11 Mei 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Aqidah Ahlussunnah Dalam Meyakini Syafaat – Kitab Al-Ibanah

Kajian Tentang Aqidah Ahlussunnah Terhadap Adzab Kubur – Kitab Al-Ibanah

Berkaitan dengan adzab kubur ini, ahlussunnah meyakini dan mengimani bahwa di alam barzah, ada yang kita kenal dengan adzab kubur dan kenikmatannya. Semua itu diawali dengan pertanyaan Mungkar dan Nakir tentang tiga perkara. Adzab atau nikmat kubur tergantung kepada jawaban dari tiga pertanyaan tersebut. Jika seseorang bisa menjawab, maka akan dilapangkan kuburnya, akan dibuka pintu menuju surga sehingga mereka merasakan kesejukan dan merasakan aroma dari aroma surga. Bila sebaliknya dia tidak bisa menjawab, maka akan disempitkan kuburnya. Dia akan dipukul malaikat Mungkar dan Nakir. Dia akan teriak dengan teriakan yang didengar oleh seluruh makhluk kecuali oleh manusia dan jin. Kemudian dia akan dibukakan pintu menuju neraka.

Adzab kubur ini merupakan perkara yang ghaib. Dan orang-orang yang beriman, mereka mengimani perkara-perkara yang ghaib yang tidak bisa dimasuki oleh akal. Dalam hal ini, kaum Mu’tazilah mengingkari adzab kubur. Mereka adalah orang-orang yang mengkultuskan akal. Bila sesuatu tidak dipahami dengan akal mereka, maka akan mereka tinggalkan. Termasuk dalam hal ini adalah perkara adzab kubur yang berkaitan dengan alam barzah.

Adapun ahlussunnah wal jama’ah, mereka mengimani adzab kubur. Karena yang demikian itu telah dijelaskan didalam Al-Qur’an, didalam hadits, dan juga telah menjadi ijma’ kaum muslimin serta tidak seorangpun dari para sahabat yang mengingkari hal yang demikian itu.

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download MP3 Kajian Tentang Aqidah Ahlussunnah Terhadap Adzab Kubur – Kitab Al-Ibanah


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/31276-aqidah-ahlussunnah-terhadap-adzab-kubur/